Sabtu, 17 Juli 2010

Beauxbatons


Akademi Sihir Beauxbatons dibentuk oleh penyihir Morgan Le Fay pada abad pertengahan (sekitar tahun 750-800 Masehi) atas permintaan Charlemagne, King of Franks. Motif mula-mula akademi sihir ini dibentuk adalah kebutuhan sang raja untuk menciptakan bibit-bibit unggul Perancis untuk menyaingi kerajaan Byzantium di Konstantinopel. Mereka dibekali ilmu sosial, sains, literatur, etika, dan hal-hal lain yang sifatnya esensial dan elit secara gratis oleh institut pendidikan tersebut. Sejarah menorehkan bahwa penyihir-penyihir muda berbakat ini berkontribusi besar dalam peta politik Eropa. Ketika mulai abad kegelapan ketika para muggle mulai membasmi penyihir dengan segala cara, dunia sihir Perancis kemudian sepenuhnya mengisolasi diri dari jamahan muggle, namun Akademi Sihir Beauxbatons tetap berdiri.

Penyihir-penyihir muda cetakan Morgan Le Fay ini menjadi ahli dalam penyamaran, baik diantara para muggle maupun menyusup ke negara sihir lain. Salah satu bukti tonggak keberhasilan mereka adalah pada masa Napoleon Bonaparte, ketika Eropa Daratan dikuasai oleh Perancis dengan banyak kontribusi dari lulusan Beauxbatons sendiri. Oleh karena spesialisasi ilmu spionasenya ini, kementerian sihir Perancis mengistimewakan Beauxbatons. Murid Beauxbatons dapat masuk ke akademi berasrama ini tanpa membayar biaya sepeserpun, uang makan ditanggung, mendapat pendidikan dengan kualitas terbaik, dan dengan syarat bahwa ketika mereka lulus, penyihir-penyihir ini akan bekerja untuk pemerintah tanpa kecuali.

Pada masa perang dunia pertama (WW I), dunia sihir Perancis ikut terseret resesi ekonomi dan kebangkrutan yang disebabkan oleh perang para muggle. Akademi Beauxbatons kemudian tutup selama 11 tahun, dan kini baru dibuka kembali pada tahun 1920. Tujuan dibukanya kembali akademi ini adalah untuk mencetak generasi muda mata-mata baru secepat mungkin, untuk mempersiapkan diri akan perang-perang selanjutnya yang mungkin akan datang di kemudian hari.

Karena Akademi Sihir Beauxbatons ini bukan satu-satunya sekolah sihir yang ada di Perancis maupun di Eropa (ada sekolah sihir swasta lain dan para orangtua dapat menyekolahkan anak mereka di luar negeri), maka murid-murid yang dapat memasuki sekolah elit ini harus memenuhi syarat-syarat tertentu.

Syaratnya menjadi siswa antara lain:
1. Penyihir Warga Negara Prancis asli dan tidak pernah menjadi warga negara lain di luar kehendaknya sendiri sejak lahir (Ras tidak berpengaruh. Yang dimaksud dengan warga negara sihir Perancis adalah yang berasal dari Perancis daratan maupun negara jajahan Perancis)
2. Berbahasa ibu Perancis
3. Mendaftar Beauxbatons
4. Lulus SPMB (Seleksi Penerimaan Murid Beauxbatons).

Perihal Muggleborn

Sampai tahun 1800an, Beauxbatons hanya menerima siswa yang berdarah murni atau campuran dengan pertimbangan bahwa mereka akan lebih mudah dilatih daripada para muggleborn (manusia yang tidak mempunyai nenek moyang penyihir sama sekali, tetapi memiliki kekuatan sihir). Namun aturan ini kemudian diubah oleh Menteri Sihir lewat SK Menteri Sihir No. 702/1921 tentang Pendidikan Sihir. Intinya, kementerian sihir Perancis menganggap para muggleborn yang kendatipun darahnya kotor dan asal-usulnya tidak jelas, masih merupakan aset-aset penyihir yang berharga. Menteri sihir mengesahkan SK (Surat Keputusan) tersebut yang pada intinya memberi kuasa kepada wakasek propaganda untuk membawa anak-anak muggleborn yang ingin belajar sihir di Beauxbatons namun tidak diizinkan orangtua secara paksa.

Maka dari itu, sekarang pada Term pertama Beauxbatons untuk tahun 1921, murid-murid muggleborn akan didatangi oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Propaganda. Muggleborn-muggleborn ini adan dipersuasi oleh sang wakasek untuk memutuskan dengan keluarga muggle mereka dan mengikuti SPMB. Mengenai proses persuasi bervariasi terhadap setiap individu. (Soal kontrak sihir yang dibuat antara murid tersebut dengan sang wakasek jahanam, akan dibicarakan di tret Registrasi Peserta SPMB).

Murid-murid baru datang ke Beauxbatons menggunakan kereta kencana terbang dari maskapai 'CINDERELLA AIR'. Kereta kencana terbang raksasa ini ditarik oleh sepasukan kuda Abraxas yang sudah di-pilox oleh cat tak kasatmata, untuk mengelabui mata para muggle. Kuda sihir Abraxas ialah kuda sihir bersayap raksasa, di mana manusia biasa hanya setinggi setengah betisnya saja. Mereka akan mendarat di padang rumput, menyusuri pantai, kemudian melakukan seleksi asrama di hutan samping gudang anggur. Berikut adalah deskripsi singkat pekarangan sekolah dan kastil Beauxbatons.

KASTIL

Terdiri dari kubah dan sayap-sayap gedung yang saling menyambung. Kubahnya merupakan replika dari kubah St. Basilika dan sayap-sayapnya menyerupai Kastil Chambord. Merupakan tempat berkeliaran Aineem Beauhighnoll, si maid seksi yang hobi memberi menjewer anak-anak nakal.

Jika kastil ini diumpamakan berada di tengah-tengah, maka di sebelah timur adalah areal Persuburan dan Padang rumput, di sebelah selatan ada pantai, grotto, dan tebing. Di sebelah barat laut terdapat gudang anggur. Selebihnya mulai dari bagian barat dan utara, kastil ini dikelilingi oleh hutan. Penggambaran kasar denah pekarangan sekolah dapat dilihat di sini.

Kubah (Bangunan Utama)

Ketika masuk ke dalam pintu kubah, kalian akan disambut oleh Lobi sekolah yang (hampir) selalu kosong tanpa resepsionis. Di lobi itu akan terdapat banyak lukisan kuno yang saling bercengkrama satu sama lain, sofa-sofa empuk, karpet luas menghampar, dan papan pengumuman bagi siswa dan staff sekolah.

Ruangan berikutnya adalah taman gantung indoor. Ruangan ini berupa sekat-sekat kaca dengan pot-pot tanaman langka yang menjulang hingga ke langit-langit. Ada air mancur sihir dan meja taman bundar untuk 3 orang yang bisa dipakai sebagai tempat bercengkrama. Di sini terdapat tangga spiral untuk menuju ke lantai atas dan koridor menuju Sayap Timur dan Sayap Barat.

Ruangan terakhir merupakan Aula Perjamuan. Terdapat 3 buah meja bundar: 1 untuk staff, 1 meja untuk asrama Pyrenees dan satu lagi untuk asrama Loire. Diantara ketiga meja tersebut terdapat daerah yang lebih rendah, merupakan areal untuk berdansa atau pertunjukkan musik setiap makan malam. Di meja-mejanya terdapat tumpukan makanan lezat yang tidak akan pernah habis. Menu berganti setiap sesi makan.

Di penjara bawah tanah: terdapat kelas spionase dan kantor bimbingan karir dan konseling (BK). Ruang BK dilengkapi ruang persidangan bagi anak-anak yang terkena detensi.

Lantai paling atas kubah merupakan kelas mantra, langit-langitnya dihiasi fresco replika dari gereja St. Nicholas di Prague. Di kelas ini duduk lesehan tanpa meja dan kursi, agar lebih mudah untuk duel mantra.

Sayap Timur

Pada Lantai Dasar terdapat kelas-kelas dengan ruangan luas berupa: Kelas Alkimia dan Laboratorium Necromancy. Areal ini cukup rentan ledakan dan riskan kebakaran. Kedap suara dan penuh substansi hitam sihir berbahaya. Sebaiknya kalian pakai masker atau jas laboratorium pelindung untuk masuk ke dalamnya.

Lantai Satu: Studio Tari, Studio Seni Murni dan Kriya

Lantai Atas merupakan Balairung atau Auditorium. Terdiri dari ratusan kursi yang menghadap sebuah panggung, mirip seperti bagian dalam sebuah opera, minus lampu-lampu gemerlap. Biasa digunakan oleh siswa jurusan Arts untuk mempresentasikan drama atau hasil karya mereka, seminar-seminar yang digelar sekolah, pidato penting kepala sekolah (kalau dia sedang mood), dll.

Sayap Selatan

Merupakan sayap dengan pemandangan luar jendela yang paling bagus, yakni menghadap ke laut. Lantai Dasar merupakan Rumah Sakit yang menyediakan healer 24 jam. Lantai Satu yaitu ruang Perpustakaan dan Ruang Pameran. Perpustakaan merupakan perpustakaan bundar yang rak-rak bukunya menjulang hingga langit-langit, memutar mengelilingi meja-kursi di sekitarnya. Lantai Dua berisi ruang-ruang administratif antara lain Kantor Kepala Sekolah, Kantor Wakil Kepala Sekolah, Kantor Guru. Lantai Atas, Kelas Kriptologi

Sayap Barat

Pada lantai dasar terdapat Kelas Filosofi dan Literatur serta Kelas Tata Krama. Tangga menuju lantai atas berada pada ujung gedung. Lantai satu terdiri atas Kelas Sejarah Sihir dan Kelas Hukum Sihir dan Administrasi Sihir. Menara bagian atas terdiri atas Kelas Ramalan serta Kelas Mitologi dan Cerita Rakyat.

Konon pada menara ini bernuansa mistis.

PEKARANGAN SEKOLAH

Persuburan

1. Rumah Kaca
Terdiri atas dua seksi, yaitu Seksi Herbarium dan Seksi Peternakan. Seksi Herbarium dibagi menjadi 3 ruang penelitian, yaitu: Tumbuhan Biasa, Tumbuhan Langka, dan Tumbuhan Berbahaya. Sedangkan Seksi Peternakan mengembangbiakkan segala jenis hewan yang dibutuhkan dalam rangka melakukan percobaan untuk mata pelajaran di Beauxbatons. Antara lain tikus, ayam, cacing flobber, dan katak.

2. Kandang Abraxas
Memiliki kapasitas 25 ekor Abraxas. Sama seperti penghuninya, ukuran kandang ini sangat raksasa.

3. Kandang Burung Hantu
Merupakan sebuah menara tersendiridengan tangga melingkar yang berlubang-lubang sebagai sarang burung hantu.

Gudang Anggur

Berisi anggur-anggur kualitas terbaik, mulai dari sekedar jus anggur hingga yang mengandung alkohol. Disediakan secara berkala (dan dengan beberapa kondisi plus larangan usia) saat perjamuan resmi atau sekedar makan malam.

Hutan

Area hutan sihir yang mengelilingi sebagian besar kastil Beauxbatons. Sebagian bahan baku penelitian rumah kaca berasal dari hutan ini. Merupakan tempat bermain kesukaan Pleki, badak imut peliharaan seorang guru Beauxbatons. Kalian bisa mengajak Pleki jalan-jalan atau bermain fetch sesuka hati.

Padang Rumput

Padang rumput ini terletak di bagian timur. Sejauh mata memandang dari kompleks Beauxbatons ini, yang ada hanya padang rumput.

Pantai

Pantai berpasir putih yang menghadap langsung ke Sayap Selatan Beauxbatons. Jarak antara garis pantai dengan kastil sekitar satu kilometer.

Grotto

Merupakan areal pantai yang berbentuk cekungan pada langit-langitnya, semacam gapura alam. Tempat ini merupakan areal terlarang yang tidak boleh dimasuki oleh murid lain selain siswa tingkat Terminale yang sedang menjalankan skripsi. Alasannya... dapat kalian ketahui nanti kalau kalian sudah jadi siswa Terminale.

Tebing Kematian

Tebing tinggi curam yang mengapit pantai pasir putih. Merupakan tempat bercokol Nyi Roro Kidul, roh dari Asia Tenggara. Konon, anak-anak yang berjenis kelamin lelaki berbaju hijau yang datang kemari akan dirayu ikut bunuh diri olehnya....


MURID BEAUXBATONS

1. Pendidikan: Tingkatan Kelas

Pekiraan umur siswa : Nama Grup
11-12 Sixième
12-13 Cinquième
13-14 Quatrième
14-15 Troisième
15-16 Seconde
16-17 Première (ujian)
17-18 Terminale (tugas akhir / skripsi)

2. Penjurusan

Mulai dari Tingkat Quatrième, siswa akan digolongkan menjadi 4 golongan penjurusan, yaitu jurusan:
- scientifique
- économique et social
- littéraire
- art

3. Ketentuan kenaikan kelas

1. Masuk semua kelas wajib yang diambil. Jika tidak masuk, harus melakukan remedial yang pada intinya terserah masing-masing guru.
(Bisa makalah 30 lembar, bisa jadi budak seminggu, bisa kerja sambilan, bisa minta tanda tangan kepada dua puluh orang yang tidak bertangan, bisa apa saja, saking anehnya, lebih baik kalian masuk kelas saja daripada remedial. Ini serius.)
2. Membuat laporan akademik yang dikumpulkan tepat waktu (akan dijelaskan tersendiri di Board Sistem Administrasi Sekolah)

#untuk kenaikan dari kelas Première ke Terminale, siswa wajib mengikuti seluruh ujian dari mata pelajaran inti yang diikuti.

4. Pelajaran Inti

Wajib untuk Tingkat Sixième dan Cinquième
1. Tata Krama
2. Mantra
3. Kriptologi

Wajib untuk semua jurusan Tingkat Quatrième, Troisième, Seconde, dan Première
1. Mantra
2. Kriptologi
3. Spionase


Pelajaran wajib masing-masing jurusan:
#Scientifique
- Alkimia
- Necromancy

#économique et social
- Administrasi dan Hukum Sihir
- Sejarah Sihir

# Littéraire

- Mitologi dan Cerita Rakyat
- Literatur dan Filosofi

# Art
Penjurusan dalam
- Seni Rupa dan Kriya
- Seni Musik (suara dan musik)
- Tari

Untuk siswa Tingkat Terminale
Mengerjakan skripsi sesuai jurusannya masing-masing. Tidak ada kelas untuk tingkatan ini. Tema skripsi diarahkan kepada hendak ke mana karakter tersebut akan bekerja setelah lulus dari Beauxbatons.

5. Pelajaran Pilihan:

Yakni pelajaran yang diambil selain daripada pelajaran inti. Jika tidak masuk pelajaran pilihan atau tanpa melakukan remedial pengganti absensi, maka tidak masalah. Karakter Anda akan tetap naik kelas. Yang termasuk pelajaran pilihan:
- Ramalan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar